Apa itu Waffle Slab Penggunaan dan Cara Pengaplikasian

Apa itu Waffle Slab Penggunaan dan Cara Pengaplikasian
29 Juni 2021 Concrete
In Konstruksi
Apa itu Waffle Slabs Penggunaan dan Cara Pengaplikasian

Waffle slabs merupakan salah satu struktur yang dipakai dalam suatu konstruksi yang menggunakan bahan material dari bangunan beton bertulang

Sistem waffle slab biasanya memakai bahan material dari bangunan beton bertulang dengan tingkat ketebalan relatif tipis dan penggunaan besi tulangan. Untuk lebih jelasnya mengenai waffle slabs mulai dari definisi, kapan pemakaiannya, dan langkah pengalikasiannya, Anda bisa simak ulasannya di sini.

Mengenal Lebih Jauh Waffle Slabs

Waffle slab merupakan pelat tipis dari sekumpulan balok rusuk dengan bentuk T yang saling bersilang. Dari berbagai sistem pelat yang ada, sistem waffle slab masih terlihat jarang dipakai. Padahal sistem satu ini mempunyai berbagai keunggulan yakni, ketebalan pelat yang relatif sangat tipis dan penggunaan besi tulangan cukup hemat pada bagian pelat.

Baca juga:

Harga U Ditch

Kapan Pemakaian Waffle Slab pada Konstruksi?

Anda perlu memutuskan kapan memakai waffle slab sesuai dengan kebutuhan dari pembangunan secara tepat. Apalagi, waffle slab cenderung jarang ditemui di tempat tinggal maupun mall.

Pemakaian waffle slab sendiri dipakai untuk struktur yang umumnya berhubungan dengan aspek getaran, misalnya lab, pabrik, ruang dansa dan lain sebagainya. Aspek getaran yang didapatkan biasanya timbul dari berbagai hal seperti manusia yang tengah menari, berjalan dan beberapa penyebab lainnya.

Baca juga:

Flat Slab Reinforcement

Jika ada getaran yang dianggap besar, hal ini bisa memicu rasa yang tidak nyaman. Inilah kenapa, penggunaan waffle slab dianggap sebagai jenis pelat yang direkomendasikan untuk mengatasi rasa tidak nyaman akibat getaran yang timbul tersebut. Dengan demikian, para penghuni bangunan juga akan merasa lebih tenang dan nyaman saat berada di dalam bangunan.

Waffle Slab

Pengaplikasian Waffle Slabs

Waffle slab umumnya dimanfaatkan untuk kepentingan struktur bangunan pada sebuah ruangan yang memiliki ukuran besar. Pemakaian kolom pada bangunan dapat berupa, stadium, auditorium maupun ruangan teater. Penggunaan struktur tersebut dapat membatasi utilitas dari bangunan seperti, pencahayaan dan sudut pandang, sehingga pemakaian waffle slab dianggap pilihan tepat.

Baca juga:

Reinforced Bar

Balok waffle slab adalah komponen yang dianggap penting dimana balok dapat menerima kontribusi beban yang paling besar dari keseluruhan beban yang didapat oleh pelat. Pelat lantai pada umumnya mempunyai pembukaan yang diperlukan untuk fungsi seperti, tangga, pendingin dan elevator.

Bukaan pada pelat dapat berpengaruh buruk pada kekuatan dan kekakuan dari waffle slab. Pengurangan tersebut disebabkan lantaran berkurangnya kapasitas beton dan baja yang dipakai untuk meningkatkan perkuatan.

Bukaan dengan ukuran kecil pada bagian pelat umumnya tidak perlu memperoleh perhatian lebih. Meski demikian, jika ukuran bukaan tersebut memiliki ukuran besar, maka perlu memperoleh perhatian khusus lataran dapat berdampak cukup besar terhadap kekuatan dan kekakuan pelat.

Baca juga:

Harga Pagar Panel Beton

Perhatian khusus terhadap pelat dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya ialah dengan melakukan pemasangan stiffening ribs. Cara tersebut bisa dilakukan dengan adanya komponen struktur yang terpasang maupun penambahan pada konstruksi membutuhkan perkuatan maupun pengaku tambahan.

Baca juga:

Jenis Beton Bertulang

Sebagai alternatifnya, perlu analisis yang ditentukan yakni, bukaan diperbolehkan hanya pada sistem slab saja. Hal tersebut dilakukan sesuai dengan beberapa poin seperti yang berikut ini :

Saran Bukaan Sistem Slab

  1. Bukaan dengan berbagai ukuran yang diperbolehkan pada daerah bersama pada perpotongan lajur-lajur tengah. Jumlah total tulangan diperlukan untuk panel tanpa bukaan.
  2. Pada daerah dengan lajur perpotongan kolom, tidak boleh lebih dari seperdelapan lebar pada lajur kolom setiap bentang boleh dihentikan oleh bukaan. Jumlah tulangan bersesuaian dengan bukaan perlu penambahan pada setiap sisi bukaan.
  3. Pada daerah dengan satu lajur kolom maupun lajur di tengah sama dengan namun tidak boleh lebih dari seperempat tulangan di setiap lajur boleh dihetikan dengan bukaan.

Itulah beberapa informasi berhubungan dengan waffle labs yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan pemesanan. Jangan lupa untuk menentukan pilihan tepat utuk konstruksi bangunan yang ingin Anda bangun dengan waffle slabs.

Pastikan juga waffle slabs yang Anda pesan memiliki kualitas yang baik dan tahan lama saat digunakan. Bagi Anda yang berminat melakukan pemesanan waffle slabs untuk keperluan pembuatan pembangunan, bisa langsung menghubungi kami.

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Untuk melakukan pemesanan serta konsultasi, silakan chat di sini dengan aplikasi Whatsapp