Untuk melakukan pemesanan serta konsultasi, silakan chat di sini dengan aplikasi Whatsapp
Chat WhatsApp
Akel
Chat WhatsApp
Pak Wali
Chat WhatsApp
Pak Ihsan

Inilah Istilah Para Tukang Bangunan

Inilah Istilah Para Tukang Bangunan
6 September 2019 Concrete
Inilah Istilah Para Tukang Bangunan

Teknik pembangunan konstruksi di Indonesia memiliki banyak sekali istilah-istilah unik, dimana Istilah para tukang bangunan ini digunakan sebagai alat komunikasi secara sederhana. Hal ini dikarenakan istilah secara ilmu teknik sendiri memang memiliki nama yang sulit dan juga tidak dimengerti masyarakat lokal.

Selain untuk mempermudah penamaan, istilah tersebut juga merujuk pada sistem pembangunan yang ada. Disini biasanya nama yang dipilih memiliki bentuk atau tampilan yang sangat mirip dengan konstruksi bangunan itu sendiri, sehingga bisa lebih mudah dimengerti oleh para tukang bangunan.

Ragam Istilah Para Tukang Bangunan Beserta Fungsinya

  1. Cakar Ayam

Cakar ayam pastilah menjadi istilah yang sangat sering didengar dalam dunia konstruksi di Indonesia, istilah ini digunakan untuk menamai sebuah teknik pondasi bangunan rumah. Cakar ayam sendiri memiliki bentuk persegi yang ditanamkan di bawah tanah, caranya adalah dengan membuat lubang lalu diletakkan bowplang yang terbuat dari besi lalu diberi material semen, pasir, dan batu.

Fungsi dari cakar ayam tersebut adalah untuk menahan beban bangunan yang ada di atasnya, dimana teknik ini sangat ampuh untuk mencegah rumah mengalami amblas ataupun goyang. Sehingga rumah yang dibangun dengan pondasi cakar ayam bisa memiliki kestabilan yang sangat tinggi, terlebih lagi teknik ini sangat cocok digunakan di tanah Indonesia yang memang sangat tidak stabil.

  1. Tiang Pancang

Bangunan gedung memiliki pondasi bernama tiang pancang, tiang yang biasa disebut juga dengan paku bumi ini memiliki kekuatan yang sangat besar sehingga sesuai untuk menahan beban bangunan seperti gedung bertingkat. Tiang ini selain bisa menahan beban juga berguna untuk menjaga kestabilan, mencegah amblas, hingga menahan tanah agar tidak mengalami pergeseran.

Baca juga: Harga Pagar Panel Beton

Tiang pancang sendiri biasa dibuat dengan menggunakan kayu, baja, ataupun beton. Cara memasang tiang ini adalah dengan menancapkan tiang pancang yang memiliki ukuran sekitar 5 sampai 15 meter ke dalam tanah, biasanya proses ini menggunakan alat yang disebut dengan palu bumi.

  1. Sarang Laba-laba

Teknik pondasi rumah memanglah sangat beragam, salah satu yang sering digunakan adalah pondasi sarang laba-laba. Pondasi jenis ini sangat cocok untuk digunakan dalam pondasi bangunan yang memiliki luas sangat besar, dimana pondasi tersebut bisa menahan beban bangunan secara lebih merata di seluruh bagian.

Namun pondasi sarang laba-laba cenderung hanya cocok digunakan di dataran rendah yang memkliliki tanah datar, sedangkan bila diterapkan di dataran tinggi pondasi ini tidak memiliki ketahanan yang kuat. Hal ini disebabkan pondasi sarang laba-laba tidak memiliki fungsi untuk menahan tanah yang memang sering bergerak di daerah dataran tinggi.

  1. Bowplang

Sebelum membangun konstruksi baik pondasi ataupun dinding, biasanya akan ada banyak besi yang berbentuk persegi panjang yang diletakkan sedemikian rupa. Besi tersebut sering disebut dengan istilah bowplang, dimana bowplang ini adalah bagian utama yang akan menjadi struktur bangunan tersebut.

Selain menjadi struktur bangunan bowplang juga berguna untuk menahan agar konstruksi bangunan tidak bergerak, terutama saat proses pembangunan sedang beralangsung. Hal ini dikarenakan saat proses pembangunan sangat rentan terhadap pergeseran struktur maupun bentuk dari bangunan itu sendiri.

  1. Tombak Layar

Proses pembangunan paling akhir biasanya dilakukan pada bagian atap, disini proses pembangunan tersebut juga memiliki istilah yang unik yaitu tombak layar. Tombak layar adalah bagian utama dari atap yang memiliki bentuk seperti segitiga, dimana kemiringan dari tombak layar tersebut biasanya memiliki sudut berukuran 30 derajat.

Baca juga: Harga Beton Precast

Fungsi utama dari tombak layar ini adalah sebagai bagian utama atap rumah, sekaligus mengalirkan air hujan yang jatuh di atas atap. Pembuatan tombak layar biasa dilakukan dengan menggunakan bahan kayu, hal ini dikarenakan kayu memiliki ketahanan yang sangat kuat dalam hal menahan beban keseluruhan dari atap tersebut.

Istilah para tukang bangunan memang sangatlah beragam, dimana setiap istilah mengacu terhadap suatu teknik pembangunan khusus. Tentu saja dengan menggunakan istilah tersebut selain mudah juga bisa mudah dimengerti, apalagi istilah bangunan memang memiliki karakteristik yang mirip dengan bentuk dari bangunan tersebut.

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*