Untuk melakukan pemesanan serta konsultasi, silakan chat di sini dengan aplikasi Whatsapp
Chat WhatsApp
Akel

Mengenal Seputar Teknik Konstruksi Prefab

Mengenal Seputar Teknik Konstruksi Prefab
14 Oktober 2019 Concrete
Mengenal Seputar Teknik Konstruksi Prefab

Teknologi pembangunan di masa kini sudah sangatlah maju, banyak sekali material serta peralatan baru berguna untuk mempermudah suatu proyek. Tak hanya itu kini teknik konstruksi yang digunakan juga sudah sangat beragam, salah satunya adalah Teknik Konstruksi Prefab yang dinilai lebih praktis untuk digunakan dalam sebuah pembangunan konstruksi.

Penjelasan ini masih ada kaitannya dengan materi mengenai kelebihan rumah instan risha yang sama-sama menggunakan material sejenis,

Penerapan Teknik Konstruksi Prefab

Konstruksi prefab merupakan konstruksi berupa cetakan yang telah dibuat terlebih dahulu, kemudian saat ada proses pembangunan maka konstruksi berupa material ini akan dibawa ke tempat lokasi. Sehingga di lokasi hanya melakukan perakitan dan penyusunan rumah menjadi satu kesatuan, dimana setiap bagian-bagian bangunan tersebut biasa disebut dengan modular.

Teknik yang satu ini memang tergolong baru di dunia konstruksi, namun sudah banyak diminati karena kemudahannya tersebut. Bahkan rumah prefab sudah digunakan untuk membangun bangunan yang besar seperti apartemen sekalipun.

Sebelum menerapkan konstruksi hang satu ini, tentu saja terdapat banyak hal yang mesti diperhatikan. Hal ini bertujuan agar proses konstruksi prefab bisa berjalan dengan baik, berikut adalah hal penting yang harus diperhatikan sebelum membangun menggunakan konstruksi prefab.

Hal Penting Sebelum Membangun Konstruksi Prefab

  1. Buat Desain Rumah Prefab

Pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat desain terlebih dahulu, desain ini berguna untuk mengetahui ukuran, bentuk, serta struktur bangunan yang akan dibuat. Sehingga penggunaan material prefab menjadi lebih efektif, dimana jumlah material bisa benar-benar disesuaikan dengan desain yang dibuat.

Pembuatan desain ini bisa dilakukan secara sederhana saja, seperti panjang, lebar, tinggi, ataupun bagian-bagian ruangan yang ada dalam bangunan tersebut. Jangan lupa juga untuk membuat desain rumah dengan ukuran yang sesuai, hal ini agar rumah prefab bisa dibangun tanpa pemotongan atau penambahan material lagi nantinya.

  1. Ketahui Kelebihan Rumah Prefab

Pada dasarnya Rumah Prefab memiliki beberapa keunggulan utama, seperti pengerjaan yang cepat, hasil yang rapi, hingga desain yang lebih menarik. Pengunaan material yang sudah jadi ini tentu saja lebih sederhana dan tidak membutuhkan banyak orang dalam proses pengerjaan.

Selain itu Rumah Prefab cenderung lebih berkualitas ketimbang rumah pada umumnya, hal ini disebabkan Rumah Prefab melalui banyak pemeriksaan secara terstruktur. Sehingga setelah Rumah Prefab selesai dibangun, rumah ini tahan terhadap berbagai macam iklim yang ekstrem seperti di Indonesia.

Baca juga: Harga U Ditch

  1. Ketahui Kekurangan Rumah Prefab

Walaupun memiliki banyak kelebihan, namun perlu diperhatikan bahwa Rumah Prefab memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan rumah ini biasa datang dari segi pengirimannya, dimana terdapat modular yang berbeda-beda dengan beragam ukuran. Sehingga cukup sulit untuk melakukan pengiriman terutama di wilayah dengan akses jalan sulit.

Terlebih lagi banyak pula penyedia Rumah Prefab yang kurang memperhatikan kualitasnya, sehingga disini tentu saja perlu diperhatikan bahwa sebelum membeli rumah tersebut periksalah mengenai kualitas serta mutu yang dimilikinya.

  1. Perkirakan Biaya yang Dibutuhkan

Selanjutnya perkirakan biaya yang dibutuhkan untuk membangun Rumah Prefab tersebut, dimana biaya ini bisa diketahui dengan melihat ukuran rumah yang akan dibangun. Apalagi Rumah Prefab memang memiliki bentuk dan ukuran yang konsisten.

Dengan memperkirakan biaya terlebih dahulu, nantinya Rumah Prefab bisa dibangun dengan lebih maksimal. Perkiraan penggunaan material juga perlu diperhatikan, hal ini supaya rumah yang dibuat tidak mengalami kelebihan atau kekurangan material prefab.

Baca juga: Harga Pagar Panel Beton Precast

  1. Siapkan Lokasi yang Tepat

Terakhir siapkanlah tempat atau lokasi yang cocok untuk membangun Rumah Prefab, umumnya rumah yang satu ini memang bisa dibangun dimana saja. Namun kondisi permukaan tanah yang tidak rata biasa menjadi kendala saat pemgunan, hal ini dikarenakan rumah prefab memiliki bentuk yang datar di bagian bawah.

Tentunya sebelum mendirikan rumah tersebut, alangkah baiknya bila menyiapkan lokasinya terlebih dahulu. Sehingga ketika material Rumah Prefab datang, bisa segera dibangun di lokasi yang telah disiapkan tersebut.

Penggunaan Rumah Prefab sebagai bangunan hunian mulai banyak digemari, selain mudah dan murah pembangunan rumah ini juga bisa dilakukan dengan persiapan yang sedikit. Sangat cocok untuk diterapkan pada pembangunan rumah di tempat-tempat yang jauh dengan pusat kota.

Demikian informasi mengenai Seputar Teknik Konstruksi Prefab, satu solusi mutakhir pada pembangunan. Selanjutnya jangan lupa untuk kunjungi mengenai penawaran beton precast pada laman ini

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*