Material Batu Alam untuk Konstruksi Jenis dan Keuntungannya

Material Batu Alam untuk Konstruksi Jenis dan Keuntungannya
21 November 2020 Concrete
In Material
Material Batu Alam untuk Konstruksi Jenis dan Keuntungannya

Material batu alam memiliki banyak manfaat dalam kehidupan manusia terutama dalam bidang konstruksi serta memiliki berbagai jenis.

Pada penjabaran mengenai konten ini akan diulas prihal material batu alam untuk pembanguna berikut apa saja keuntungan dan juga jenisnya?

Material Batu Alam

Material batu alam adalah salah satu bagian penyusun bumi dengan jumlah berlimpah. Pemanfaatan material ini banyak digunakan sebagai usaha skala kecil.

Penggunaan batu alam juga dapat dijadikan sebagai bahan material bangunan maupun konstruksi gedung. Tidak hanya itu, batu alam yang memiliki nilai artistik dapat dijadikan hiasan rumah dan diperjual belikan di pasaran lokal.

Keuntungan Material Batu Alam

Kelebihan pemanfaatan batu alam dibandingkan jenis bahan lainnya sangat beragam. Hal ini sesuai dengan tingkat kebutuhan dan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa keunggulan penggunaan batuan alam:

Batu Alam sangat Bervariasi

Batu alam memiliki banyak jenis, apabila didasarkan atas proses terbentuknya. Batuan alam terdiri atas batuan metamorf, batu vulkanik dan batu endapan atau sedimen.

Setiap jenis batuan tersebut juga memiliki keanekaragaman tersendiri karena adanya tekanan dan suhu tinggi akibat proses alam. Maka, batuan dapat dibedakan atas warna, kandungan mineral, pola maupun tekstur.

Kekuatan dan Daya Tahan

Batu alam sangat baik sebagai baham material bangunan untuk mmperkokoh bangunan. Agregat kasar yang digunakan sebagai bahan campuran biasanya menggunakan pasir.

Selain meningkatkan kekuatan beton. Batuan alam juga tahan lama karena proses pembuatannya di alam sudah berlangsung lama dan melalui tekanan dan perubahan suhu ekstrim.

Baca juga:

Beton Bertulang

Ramah Lingkungan

Batuan ini dianggap lebih ramah lingkungan karena proses pembuatannya dari alam. Selain itu, kandungan mineral di dalamnya sudah terbentuk secara alami.

Apalagi, batuan endapan biasa di temukan di muara pasir dan gunung. Biasanya, para penambang pasir mencari pasir berkualitas di sekitar aliran sungai. Batu alam tidak memiliki sifat beracun dan murni. Maka dri itu, dianggap tidak memiliki zat berbahaya bagi bumi maupun kesehatan.

Unik

Batu alam merupakan salah satu sumber daya alam yang unik. Bentuk batuan alam tidak dapat ditiru karena penggaliannya dilakukan secara langsung dari bumi. Selain itu, bukan berasal dari buatan manusia. Selain itu, warna-warnanya tidak dapat diduplikasi.

Warna alami tersebut dapat dihasilkan dari serangkaian proses pembentukan batuan. Beberapa proses pembentukan warna batuan dapat terjadi karena adanya erosi, suhu, pergeseran bumi, mata air kawah, kandungan mineral dan lain sebagainya.

Harga Ekonomis

Batu alam dapat ditemukan di lokasi muara sungai dan gunung. Selain itu, biasa diadakan penambangan pasir untuk diangkut dan diperjual-belikan secara lokal.

Biasanya, harga yang ditawarkan untuk batu alam dijual dengan harga terjangkau. Hal ini dikarenakan pembelian dilakukan secara langsung ke penambang. Selain itu, jumlahnya masih melimpah.

Baca juga:

Harga U Ditch

Perawatan Mudah

Bahan material alam memiliki perawatan mudah dan daya tahan lama. Terutama, batu alam yang dapat dijadikan sebagai hiasan rumah karena warnanya yang unik. Warna tersebut tidak mengalami pemudaran karena ada secara alami.

Keuntungan Material Batu Alam
Keuntungan Material Batu Alam

Macam-Macam Material Batu Alam

Batu alam memiliki banyak jenis dan memiliki ciri khas tersendiri antara batu yang satu dengan batu yang lain. Ciri unik tersebut disebabkan karena proses pembentukannya sangat beragam.

Terdapat batuan yang diproses oleh sungai, gunung vulkanik, tektonik dan lain sebagainya. Material batu  alam dapat dibedakan berdasarkan tujuan komersialnya sebagai berikut :

Batu Granit

Batuan ini merupakan batuan magmatik yang dihasilkan dari proses pendinginan magma yang ada di kerak bumi. Tidak hanya itu, batuan ini juga dapat berasal dari batuan metamorf yang dihasilkan dari perubahan batu magmatik akibat tekanan tinggi.

Batu Marmer

Batuan ini biasa dijadikan sebagai batu hiasan, lantai dan tangga untuk bangunan. Marmer merupakan batuan malihan dan sedimen dengan kandungan kalsit.

Batu alam ini homogen dan mudah dalam pengerjaan. Warnanya sangat beragam mulai dari putih, merah, merah muda dan lain sebagainya.

Baca juga:

perbedaan granit dan marmer

Batu Kapur

Batu ini dihasilan dari proses akumulasi dari fosil hewan laut seperti kerang maupun fragmen yang dihasilkan dari kalsium dan kuarsa. Tekstur dari batu ini relatif lembut dan mudah dibentuk.

Penggunaan batuan kapur biasa dijadikan bahan indoor maupun outdoor. Sebenarnya, banyak macam material batu alam yang dimanfaatkan dalam berbagai keperluan bangunan.

Beberapa diantaranya, batu basal dan batu tulis. Batu basal merupakan jenis batu magmatik. Biasanya dimanfaatkan untuk pembuatan lantai, dinding dan lain sebagainya. Sedangkan, batu tulis dibentuk dari jenis tanah liat dengan struktur berlapis-lapis.

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Untuk melakukan pemesanan serta konsultasi, silakan chat di sini dengan aplikasi Whatsapp
WeCreativez WhatsApp Support
Akel
Tersedia
WeCreativez WhatsApp Support
Pak Wali
Tersedia
WeCreativez WhatsApp Support
Pak Ihsan
Tersedia